Selasa, 01 November 2011

STANDAR ISI

          
1.       Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP
No
Komponen Muatan KTSP
1.
Mata Pelajaran

1.
Pendidikan Agama


a.       Al Quran Hadits


b.      Aqidah Aklaq


c.       Fiqih


d.      Sejarah Kebudayaan Islam

2.
Pendidikan Kewarganegaraan

3.
Bahasa Indonesia

4.
Bahasa Arab

5.
Bahasa Inggris

6.
Matematika

7.
Ilmu Pengetahuan Alam

8.
Ilmu Pengetahuan Sosial

9.
Seni Budaya

10.
Pendidikan Jasmani dan Olah Raga

11.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
2.
Muatan Lokal

1
Bahasa Jawa

2
Tahfidzul Qur’an
3
Kegiatan Pengembangan Diri

a). Pengembangan Diri Reguler :

1). Layanan Bimbingan dan Konseling

2). Kegiatan Pembiasaan Layanan Tambahan ( LT ) Persiapan UN

(a). Pendalaman SKL Bahasa Indonesia

(b). Pendalaman SKL Bahasa Inggris

(c). Pendalaman SKL Matematika

(d). Pendalaman SKL IPA

b). Pengembangan Diri Non Reguler

3. Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler Wajib

(a). Pramuka

(b). BTA

Ekstrakurikuler Pilihan Bebas

(a). Palang Merah Remaja ( PMR )

(b). Seni Tari

(c). Olah Raga

(d). Menjahit

(e). Komputer

Ekstrakurikuler Seleksi

(a). Team Olimpiade Matematika

(b). Team Olimpiade IPA

(c). Karya Ilmiah Remaja

5
Ketuntasan Belajar ( KKM )
Kelas

Mata Pelajaran :
VII
VIII
IX

1
Pendidikan Agama
65
65
65


a.     Al Qur’an Hadits
70
70
70


b.     Aqidah Akhlak
70
70
70


c.     Fiqh
65
65
65


d.    Sejarah Kebudayaan Islam
70
70
70

2
Pendidikan Kewarganegaraan
65
65
65

3
Bahasa Indonesia
65
65
70

4
Bahasa Arab
60
60
60

5
Bahasa Inggris
65
65
65

6
Matematika
65
65
65

7
Ilmu Pengetahuan Alam
65
65
65

8
Ilmu Pengetahuan Sosial
65
65
65

9
Seni Budaya
70
70
70

10
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
70
70
70

11
Teknologi Informasi dan Komunikasi
65
65
65

Muatan Lokal :




1.       Bahasa Jawa
65
65
65

2.      Tahfidzul Qur’an
65
65
65
6
KRITERIA KENAIKAN KELAS

A.
Peserta didik dinyatakan naik apabila memenuhi syarat sebagai berikut :

1
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti

2
Nilai mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan Aqidah Akhlak tidak kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada semester yang diikuti

3
Tidak terdapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada lebih dari 2 (dua) mata pelajaran yang diujikan secara Nasional pada semester yang diikuti

4
Tidak terdapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran pada semester yang diikuti

5
Tidak ada nilai kurang dari 50,00 untuk salah satu atau lebih dari aspek penilaian mata pelajaran

6
Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran pada semester lebih dari atau sama dengan 6,00

7
Memiliki nilai kepribadian minimal Baik untuk aspek kelakuan, kerapian, kerajinan dan kebersihan pada semester yang diikuti

8
Memiliki nilai minimal baik untuk aspek pengembangan yang diikuti

9
Ketidakhadiran tanpa izin ( Alpa) maksimal 5 % dari jumlah hari efektif


B.

Peserta didik dinyatakan mengulang di jenjang kelas yang sama apabila :

1
Nilai mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan Aqidah Akhlaq pada semester yang diikuti kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

2
Terdapat nilai dibawah KKM pada lebih dari 2 mata pelajaran yang diujikan sacara nasional pada semester yang diikuti

3
Memiliki nilai di bawah KKM pada lebih dari 3 (tiga ) mata pelajaran

4
Ada nilai kurang dari 50,00 untuk salah satu atau lebih dari aspek penilaian mata pelajaran

5
Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran pada semester itu kurang dari 6,00

6
Kepribadian dan pengembangan diri kurang dari baik

7
Karena alas an yang kuat, misalnya karena gangguan kesehatan fisik, emosi dan mental sehingga tidak mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan

8
Ketidakhadiran tanpa izin ( Alpa ) lebih dari 5 % dari jumlah efektif

C.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran yang diperoleh dari rata-rata pada setiap aspek pada mata pelajaran tersebut.

KRITERIA KELULUSAN

1
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran,

2
Memperoleh nilai minimal batas lulus pada penilaian akhir untuk seluruh kelompok mata pelajaran :


a.     Agama dan akhlak mulia


b.     Kewarganegaraan dan kepribadian


c.     Estetika


d.    Jasmani, olahraga dan kesehatan

3
Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi

4
Lulus Ujian Nasional untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional
7
Pendidikan kecakapan hidup

1
Teknologi Informasi dan Komunikasi

2
Ketrampilan
8
Pendidikan berbasis keunggulan local dan global dalam bentuk :

1
Bahasa Arab

2
Teknologi Informasi dan Komunikasi

3
Bahasa Inggris









2.      Ketersediaan dokumen pengembangan kurikulum
No.
Dokumen Pengembangan Kurikulum
1
Buku Induk KTSP
2
Silabus seluruh mata pelajaran
3
RPP seluruh mata pelajaran
4
Silabus pengembangan diri

3.      Prinsip pengembangan KTSP sekolah / madrasah
No.
Prinsip Pengembangan KTSP
1
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan siswa dan lingkungannya
2
Beragam dan terpadu
3
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5
Menyeluruh dan berkesinambungan
6
Belajar sepanjang hayat
7
Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah

4.      Mekanisme Penyusunan KTSP sekolah / madrasah
No.
Mekanisme Penyusunan KTSP
1
Melibatkan tim penyusun (guru, konselor / guru BK, kepala madrasah dan komite sekolah
2
Dilakukan melalui workshop
3
Kegiatan review dan revisi
4
Menghadirkan nara sumber
5
Tahap finalisasi
6
Pemantapan dan penilaian
7
Mendokumentasikan hasil penyusunan kurikulum



5.      Prinsip Pelaksanaan Kurikulum yang diterapkan

No
Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
1.
Siswa harus mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
2.
Menegakkan 5 pilar belajar, yaitu :

a.       Belajar untuk bermain dan bertaqwa kepada Tuhan YME

b.      Belajar untuk memahami dan menghayati

c.       Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif

d.      Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain

e.       Belajar untuk membangun dan menentukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
3
Siswa mendapatkan layanan yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan
4.
Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat
5.
Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai dan emanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
6.
Mendayagunakan kondisi alam, social dan budaya serta kekayaan daerah
7.
Diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan dan kesimbangan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan

6.      Mata Pelajaran Muatan Lokal yang dilakukan disekolah/ madrasah

a.
Bahasa Jawa
b.
Tahfizul Qur’an

No
Pihak yang terlibat dalam penyususnan silabus maple muatan lokal
1.
Kepala Madrasah
2.
Guru Mapel Muatan Lokal
3.
Nara Sumber
4.
Komite
5.
Dinas terkait

7.      Jenis-jenis program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki madrasah

No
Jenis Kegiatan ekstrakurikuler
1.
Ektrakurikuler Wajib

a.Pramuka

b. Baca Tulis Al Qur’an
2.
Ekstrakurikuler Pilihan

a. Palang Merah Remaja (PMR)

b. Seni Tari

c. Olah Raga

d. Menjahit

e. Komputer

Ekstrakurikuler Seleksi

a. Team Olimpiade Matematika

b. Team Olimpiade IPA

c. Karya Ilmiah Remaja


8.      Jenis-jenis program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling yang dimiliki sekolah/ madrasah

No
Jenis Kegiatan Konseling
Ada
Tidak
1.
Konseling belajar

2.
Konseling pribadi

3.
Konseling social

4.
Konseling karier


9.      Penjabaran Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator-indikator untuk setiap mata pelajaran
10.   Beban belajar yang ditetapkan oleh sekolah/ madrasah
No
Pembelajaran
Jumlah
1.
Satu jam tatap muka
40 menit
2.
Jumlah pembelajaran per minggu
46 jam
3.
Jumlah minggu efektif per tahun
36 minggu

11.  Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk mencapai kompetensi
12.  Silabus mata pelajaran yang telah disahkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota dan atau Kanwil Depag/ Kandepag
No
Silabus mata pelajaran
Kelas

Mata Pelajaran :
VII
VIII
IX

1
Pendidikan Agama
         
         
         


a.     Al Qur’an Hadits
         
         
         


b.    Aqidah Akhlak
         
         
         


c.     Fiqh
         
         
         


d.    Sejarah Kebudayaan Islam
         
         
         

2
Pendidikan Kewarganegaraan
         
         
         

3
Bahasa Indonesia
         
         
         

4
Bahasa Arab
         
         
         

5
Bahasa Inggris
         
         
         

6
Matematika
         
         
         

7
Ilmu Pengetahuan Alam
         
         
         

8
Ilmu Pengetahuan Sosial
         
         
         

9
Seni Budaya
         
         
         

10
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
         
         
         

11
Teknologi Informasi dan Komunikasi
         
         
         

Muatan Lokal :




1.        Bahasa Jawa
         
         
         

2.        Tahfidzul Qur’an
         
         
         



13.Langkah-langkah pengembangan silabus yang dilaksanakan

No
                                       Tujuh langkah pengembangan silabus
  1
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar
  2
Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran
  3
Mengembangkan kegiatan pembelajaran
  4
Merumuskan indicator pencapaian kompetensi
  5
Menentukan jenis kompetensi
  6
Menentukan alokasi waktu
  7
Menentukan sumber belajar


14.Mata Pelajaran yang memiliki silabus yang disusun oleh guru mata pelajaran
No
                                      Mata pelajaran
Kelas

Mata Pelajaran :
VII
VIII
IX

1
Pendidikan Agama
         
         
         


a.     Al Qur’an Hadits
         
         
         


b.     Aqidah Akhlak
         
         
         


c.     Fiqh
         
         
         


d.    Sejarah Kebudayaan Islam
         
         
         

2
Pendidikan Kewarganegaraan
         
         
         

3
Bahasa Indonesia
         
         
         

4
Bahasa Arab
         
         
         

5
Bahasa Inggris
         
         
         

6
Matematika
         
         
         

7
Ilmu Pengetahuan Alam
         
         
         

8
Ilmu Pengetahuan Sosial
         
         
         

9
Seni Budaya
         
         
         

10
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
         
         
         

11
Teknologi Informasi dan Komunikasi
         
         
         

Muatan Lokal :




1     Bahasa Jawa
         
         
         

2     Tahfidzul Qur’an
         
         
         










15.Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran yang disusun sekolah/madrasah
No
Ketuntasan Belajar ( KKM )
KKM

Mata Pelajaran :
VII
VII PK
VIII
VIII PK
IX

1
Pendidikan Agama



a.     Al Qur’an Hadits
65
65
65
65
65


b.     Aqidah Akhlak
70
70
70
70
70


c.     Fiqh
70
70
70
70
70


d.    Sejarah Kebudayaan Islam
65
65
65
65
65

2
Pendidikan Kewarganegaraan
70
70
70
70
70

3
Bahasa Indonesia
65
70
65
70
70

4
Bahasa Arab
65
65
65
65
65

5
Bahasa Inggris
65
70
65
70
65

6
Matematika
65
70
65
70
65

7
Ilmu Pengetahuan Alam
65
65
65
65
65

8
Ilmu Pengetahuan Sosial
65
65
65
65
65

9
Seni Budaya
70
70
70
70
70

10
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
70
70
70
70
70

11
Teknologi Informasi dan Komunikasi
65
65
65
65
65

Muatan Lokal :






1.     Bahasa Jawa
65
65
65
65
65

2.     Tahfidzul Qur’an
65
70
65
70
65

16.Unsur yang diperhatikan dalam penentuan KKM setiap mata pelajaran
No
          Unsur penentu KKM
Diperhatikan
Tidak diperhatikan
  1
Karakteristik siswa
         

  2
Karakteristik mata pelajaran
         

  3
Kondisi sekolah/madrasah
         


17.Dokumen kalender akademik sekolah/madrasah

No
           Komponen kalender akademik
              Ketersediaan
  1
Jadwal awal tahun pelajaran
       Ada
      Tidak
  2
Minggu efektif belajar
         

  3
Waktu pembelajaran efektif
         

  4
Hari libur
         

  5
Ujian tengah semester
         

  6
Ujian akhir semester
         


Keterangan:*Isilah tanda cek (Ö) pada kolom jawaban “Ketersediaan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar