1. Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP
No
|
Komponen Muatan KTSP
| |
1.
|
Mata Pelajaran
| |
1.
|
Pendidikan Agama
| |
a. Al Quran Hadits
| ||
b. Aqidah Aklaq
| ||
c. Fiqih
| ||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
| ||
2.
|
Pendidikan Kewarganegaraan
| |
3.
|
Bahasa Indonesia
| |
4.
|
Bahasa Arab
| |
5.
|
Bahasa Inggris
| |
6.
|
Matematika
| |
7.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
| |
8.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
| |
9.
|
Seni Budaya
| |
10.
|
Pendidikan Jasmani dan Olah Raga
| |
11.
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
| |
2.
|
Muatan Lokal
| |
1
|
Bahasa Jawa
| |
2
|
Tahfidzul Qur’an
| |
3
|
Kegiatan Pengembangan Diri
| |
a). Pengembangan Diri Reguler :
| ||
1). Layanan Bimbingan dan Konseling
| ||
2). Kegiatan Pembiasaan Layanan Tambahan ( LT ) Persiapan UN
| ||
(a). Pendalaman SKL Bahasa Indonesia
| ||
(b). Pendalaman SKL Bahasa Inggris
| ||
(c). Pendalaman SKL Matematika
| ||
(d). Pendalaman SKL IPA
| ||
b). Pengembangan Diri Non Reguler
| ||
3. Ekstrakurikuler
| ||
Ekstrakurikuler Wajib
| ||
(a). Pramuka
| ||
(b). BTA
| ||
Ekstrakurikuler Pilihan Bebas
| ||
(a). Palang Merah Remaja ( PMR )
| ||
(b). Seni Tari
| ||
(c). Olah Raga
| ||
(d). Menjahit
| ||
(e). Komputer
| ||
Ekstrakurikuler Seleksi
| ||
(a). Team Olimpiade Matematika
| ||
(b). Team Olimpiade IPA
| ||
(c). Karya Ilmiah Remaja
|
5
|
Ketuntasan Belajar ( KKM )
|
Kelas
| ||||
Mata Pelajaran :
|
VII
|
VIII
|
IX
| |||
1
|
Pendidikan Agama
|
65
|
65
|
65
| ||
a. Al Qur’an Hadits
|
70
|
70
|
70
| |||
b. Aqidah Akhlak
|
70
|
70
|
70
| |||
c. Fiqh
|
65
|
65
|
65
| |||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
70
|
70
|
70
| |||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
65
|
65
|
65
| ||
3
|
Bahasa Indonesia
|
65
|
65
|
70
| ||
4
|
Bahasa Arab
|
60
|
60
|
60
| ||
5
|
Bahasa Inggris
|
65
|
65
|
65
| ||
6
|
Matematika
|
65
|
65
|
65
| ||
7
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
65
|
65
|
65
| ||
8
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
65
|
65
|
65
| ||
9
|
Seni Budaya
|
70
|
70
|
70
| ||
10
|
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
|
70
|
70
|
70
| ||
11
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
65
|
65
|
65
| ||
Muatan Lokal :
| ||||||
1. Bahasa Jawa
|
65
|
65
|
65
| |||
2. Tahfidzul Qur’an
|
65
|
65
|
65
| |||
6
|
KRITERIA KENAIKAN KELAS
| |||||
A.
|
Peserta didik dinyatakan naik apabila memenuhi syarat sebagai berikut :
| |||||
1
|
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti
| |||||
2
|
Nilai mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan Aqidah Akhlak tidak kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada semester yang diikuti
| |||||
3
|
Tidak terdapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada lebih dari 2 (dua) mata pelajaran yang diujikan secara Nasional pada semester yang diikuti
| |||||
4
|
Tidak terdapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran pada semester yang diikuti
| |||||
5
|
Tidak ada nilai kurang dari 50,00 untuk salah satu atau lebih dari aspek penilaian mata pelajaran
| |||||
6
|
Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran pada semester lebih dari atau sama dengan 6,00
| |||||
7
|
Memiliki nilai kepribadian minimal Baik untuk aspek kelakuan, kerapian, kerajinan dan kebersihan pada semester yang diikuti
| |||||
8
|
Memiliki nilai minimal baik untuk aspek pengembangan yang diikuti
| |||||
9
|
Ketidakhadiran tanpa izin ( Alpa) maksimal 5 % dari jumlah hari efektif
| |||||
B.
|
Peserta didik dinyatakan mengulang di jenjang kelas yang sama apabila :
| |||||
1
|
Nilai mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan Aqidah Akhlaq pada semester yang diikuti kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
| |||||
2
|
Terdapat nilai dibawah KKM pada lebih dari 2 mata pelajaran yang diujikan sacara nasional pada semester yang diikuti
| |||||
3
|
Memiliki nilai di bawah KKM pada lebih dari 3 (tiga ) mata pelajaran
| |||||
4
|
Ada nilai kurang dari 50,00 untuk salah satu atau lebih dari aspek penilaian mata pelajaran
| |||||
5
|
Nilai rata-rata seluruh mata pelajaran pada semester itu kurang dari 6,00
| |||||
6
|
Kepribadian dan pengembangan diri kurang dari baik
| |||||
7
|
Karena alas an yang kuat, misalnya karena gangguan kesehatan fisik, emosi dan mental sehingga tidak mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan
| |||||
8
|
Ketidakhadiran tanpa izin ( Alpa ) lebih dari 5 % dari jumlah efektif
| |||||
C.
|
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran yang diperoleh dari rata-rata pada setiap aspek pada mata pelajaran tersebut.
| |||||
KRITERIA KELULUSAN
| ||||||
1
|
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran,
| |||||
2
|
Memperoleh nilai minimal batas lulus pada penilaian akhir untuk seluruh kelompok mata pelajaran :
| |||||
a. Agama dan akhlak mulia
| ||||||
b. Kewarganegaraan dan kepribadian
| ||||||
c. Estetika
| ||||||
d. Jasmani, olahraga dan kesehatan
| ||||||
3
|
Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
| |||||
4
|
Lulus Ujian Nasional untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional
| |||||
7
|
Pendidikan kecakapan hidup
| |||||
1
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
| |||||
2
|
Ketrampilan
| |||||
8
|
Pendidikan berbasis keunggulan local dan global dalam bentuk :
| |||||
1
|
Bahasa Arab
| |||||
2
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
| |||||
3
|
Bahasa Inggris
| |||||
2. Ketersediaan dokumen pengembangan kurikulum
No.
|
Dokumen Pengembangan Kurikulum
|
1
|
Buku Induk KTSP
|
2
|
Silabus seluruh mata pelajaran
|
3
|
RPP seluruh mata pelajaran
|
4
|
Silabus pengembangan diri
|
3. Prinsip pengembangan KTSP sekolah / madrasah
No.
|
Prinsip Pengembangan KTSP
|
1
|
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan siswa dan lingkungannya
|
2
|
Beragam dan terpadu
|
3
|
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
|
4
|
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
|
5
|
Menyeluruh dan berkesinambungan
|
6
|
Belajar sepanjang hayat
|
7
|
Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
|
4. Mekanisme Penyusunan KTSP sekolah / madrasah
No.
|
Mekanisme Penyusunan KTSP
|
1
|
Melibatkan tim penyusun (guru, konselor / guru BK, kepala madrasah dan komite sekolah
|
2
|
Dilakukan melalui workshop
|
3
|
Kegiatan review dan revisi
|
4
|
Menghadirkan nara sumber
|
5
|
Tahap finalisasi
|
6
|
Pemantapan dan penilaian
|
7
|
Mendokumentasikan hasil penyusunan kurikulum
|
5. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum yang diterapkan
No
|
Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
|
1.
|
Siswa harus mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
|
2.
|
Menegakkan 5 pilar belajar, yaitu :
|
a. Belajar untuk bermain dan bertaqwa kepada Tuhan YME
| |
b. Belajar untuk memahami dan menghayati
| |
c. Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
| |
d. Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain
| |
e. Belajar untuk membangun dan menentukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
| |
3
|
Siswa mendapatkan layanan yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan
|
4.
|
Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat
|
5.
|
Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai dan emanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
|
6.
|
Mendayagunakan kondisi alam, social dan budaya serta kekayaan daerah
|
7.
|
Diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan dan kesimbangan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan
|
6. Mata Pelajaran Muatan Lokal yang dilakukan disekolah/ madrasah
a.
|
Bahasa Jawa
|
b.
|
Tahfizul Qur’an
|
No
|
Pihak yang terlibat dalam penyususnan silabus maple muatan lokal
|
1.
|
Kepala Madrasah
|
2.
|
Guru Mapel Muatan Lokal
|
3.
|
Nara Sumber
|
4.
|
Komite
|
5.
|
Dinas terkait
|
7. Jenis-jenis program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki madrasah
No
|
Jenis Kegiatan ekstrakurikuler
|
1.
|
Ektrakurikuler Wajib
|
a.Pramuka
| |
b. Baca Tulis Al Qur’an
| |
2.
|
Ekstrakurikuler Pilihan
|
a. Palang Merah Remaja (PMR)
| |
b. Seni Tari
| |
c. Olah Raga
| |
d. Menjahit
| |
e. Komputer
| |
Ekstrakurikuler Seleksi
| |
a. Team Olimpiade Matematika
| |
b. Team Olimpiade IPA
| |
c. Karya Ilmiah Remaja
|
8. Jenis-jenis program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling yang dimiliki sekolah/ madrasah
No
|
Jenis Kegiatan Konseling
|
Ada
|
Tidak
|
1.
|
Konseling belajar
|
√
| |
2.
|
Konseling pribadi
|
√
| |
3.
|
Konseling social
|
√
| |
4.
|
Konseling karier
|
√
|
9. Penjabaran Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator-indikator untuk setiap mata pelajaran
10. Beban belajar yang ditetapkan oleh sekolah/ madrasah
No
|
Pembelajaran
|
Jumlah
|
1.
|
Satu jam tatap muka
|
40 menit
|
2.
|
Jumlah pembelajaran per minggu
|
46 jam
|
3.
|
Jumlah minggu efektif per tahun
|
36 minggu
|
11. Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk mencapai kompetensi
12. Silabus mata pelajaran yang telah disahkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota dan atau Kanwil Depag/ Kandepag
No
|
Silabus mata pelajaran
|
Kelas
| |||
Mata Pelajaran :
|
VII
|
VIII
|
IX
| ||
1
|
Pendidikan Agama
|
√
|
√
|
√
| |
a. Al Qur’an Hadits
|
√
|
√
|
√
| ||
b. Aqidah Akhlak
|
√
|
√
|
√
| ||
c. Fiqh
|
√
|
√
|
√
| ||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
√
|
√
|
√
| ||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
√
|
√
|
√
| |
3
|
Bahasa Indonesia
|
√
|
√
|
√
| |
4
|
Bahasa Arab
|
√
|
√
|
√
| |
5
|
Bahasa Inggris
|
√
|
√
|
√
| |
6
|
Matematika
|
√
|
√
|
√
| |
7
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
√
|
√
|
√
| |
8
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
√
|
√
|
√
| |
9
|
Seni Budaya
|
√
|
√
|
√
| |
10
|
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
|
√
|
√
|
√
| |
11
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
√
|
√
|
√
| |
Muatan Lokal :
| |||||
1. Bahasa Jawa
|
√
|
√
|
√
| ||
2. Tahfidzul Qur’an
|
√
|
√
|
√
|
13.Langkah-langkah pengembangan silabus yang dilaksanakan
No
|
Tujuh langkah pengembangan silabus
|
1
|
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar
|
2
|
Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran
|
3
|
Mengembangkan kegiatan pembelajaran
|
4
|
Merumuskan indicator pencapaian kompetensi
|
5
|
Menentukan jenis kompetensi
|
6
|
Menentukan alokasi waktu
|
7
|
Menentukan sumber belajar
|
14.Mata Pelajaran yang memiliki silabus yang disusun oleh guru mata pelajaran
No
|
Mata pelajaran
|
Kelas
| |||
Mata Pelajaran :
|
VII
|
VIII
|
IX
| ||
1
|
Pendidikan Agama
|
√
|
√
|
√
| |
a. Al Qur’an Hadits
|
√
|
√
|
√
| ||
b. Aqidah Akhlak
|
√
|
√
|
√
| ||
c. Fiqh
|
√
|
√
|
√
| ||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
√
|
√
|
√
| ||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
√
|
√
|
√
| |
3
|
Bahasa Indonesia
|
√
|
√
|
√
| |
4
|
Bahasa Arab
|
√
|
√
|
√
| |
5
|
Bahasa Inggris
|
√
|
√
|
√
| |
6
|
Matematika
|
√
|
√
|
√
| |
7
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
√
|
√
|
√
| |
8
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
√
|
√
|
√
| |
9
|
Seni Budaya
|
√
|
√
|
√
| |
10
|
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
|
√
|
√
|
√
| |
11
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
√
|
√
|
√
| |
Muatan Lokal :
| |||||
1 Bahasa Jawa
|
√
|
√
|
√
| ||
2 Tahfidzul Qur’an
|
√
|
√
|
√
|
15.Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran yang disusun sekolah/madrasah
No
|
Ketuntasan Belajar ( KKM )
|
KKM
| |||||
Mata Pelajaran :
|
VII
|
VII PK
|
VIII
|
VIII PK
|
IX
| ||
1
|
Pendidikan Agama
| ||||||
a. Al Qur’an Hadits
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
| ||
b. Aqidah Akhlak
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
| ||
c. Fiqh
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
| ||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
| ||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
| |
3
|
Bahasa Indonesia
|
65
|
70
|
65
|
70
|
70
| |
4
|
Bahasa Arab
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
| |
5
|
Bahasa Inggris
|
65
|
70
|
65
|
70
|
65
| |
6
|
Matematika
|
65
|
70
|
65
|
70
|
65
| |
7
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
| |
8
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
| |
9
|
Seni Budaya
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
| |
10
|
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
| |
11
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
| |
Muatan Lokal :
| |||||||
1. Bahasa Jawa
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
| ||
2. Tahfidzul Qur’an
|
65
|
70
|
65
|
70
|
65
|
16.Unsur yang diperhatikan dalam penentuan KKM setiap mata pelajaran
No
|
Unsur penentu KKM
|
Diperhatikan
|
Tidak diperhatikan
|
1
|
Karakteristik siswa
|
√
| |
2
|
Karakteristik mata pelajaran
|
√
| |
3
|
Kondisi sekolah/madrasah
|
√
|
17.Dokumen kalender akademik sekolah/madrasah
No
|
Komponen kalender akademik
|
Ketersediaan
| |
1
|
Jadwal awal tahun pelajaran
|
Ada
|
Tidak
|
2
|
Minggu efektif belajar
|
√
| |
3
|
Waktu pembelajaran efektif
|
√
| |
4
|
Hari libur
|
√
| |
5
|
Ujian tengah semester
|
√
| |
6
|
Ujian akhir semester
|
√
|
Keterangan:*Isilah tanda cek (Ö) pada kolom jawaban “Ketersediaan”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar